Posted on Leave a comment

Karakteristik Kain Rayon dan Jenis Kain Rayon

Kain rayon merupakan kain yang dibuat dari serat buatan atau sintetis yang terbuat dari serat selulosa yang telah diregenerasi. Banyak jenis dan kadar rayon dapat meniru nuansa dan tekstur serat alami seperti sutera, wol, katun, dan linen. Rayon dibuat dari selulosa yang dimurnikan, terutama dari serat tumbuhan atau kayu, yang secara kimia diubah menjadi senyawa yang mudah larut. Kemudian dilarutkan melalui spinneret untuk menghasilkan filamen yang dipekatkan secara kimia, menghasilkan serat selulosa yang hampir murni.  Karena rayon diproduksi dari polimer alami, serat ini dianggap sebagai serat semi sintetik.

Kain rayon atau viscose

Baca juga ; Jenis-Jenis Kain.

Karakteristik Kain Rayon

Kain rayon memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun, tekstur dan permukaan bahannya halus dan lembut di kulit. Kain rayon sangat nyaman digunakan dan mudah untuk coloring atau pewarnaan kain. Kilau naturalnya tinggi, tidak mudah kusut, dan cenderung memiliki permukaan licin menyerupai sutera. dikarenakan  mudah menyerap zat pewarna maka tampilan bahan dari kain rayon biasanya juga sangat cerah. Akan tetapi pemulihan elastis (retensi bentuk) serat rayon terbilang sangat rendah. Bahan rayon tidak dapat kembali kedalam bentuk dan penampilan aslinya secara cepat. Kain rayon dikenal sangat mudah terbakar. Bahkan cenderung lebih mudah terbakar jika dibandingkan dengan kain linen, katun dan rami yang dibuat dari serat tanaman. Karena tidak sekokoh rami atau katun alami, maka kain rayon akan menjadi mudah rusak apabila terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama atau dalam keadaan basah. Faktor-faktor lain seperti asam, jamur dan panas setrika juga dapat merusak kain rayon.

Jenis Jenis Kain Rayon

1. Kain Rayon Spandek

Kain rayon spandek termasuk kedalam salah satu jenis kain yang terlihat cerah, bertekstur lembut dan juga fleksibel. Terbuat dari serat rayon yang dicampur dengan spandek. Karena fleksibel dan mudah untuk direnggangkan sehingga kain rayon spandek sangat sesuai apabila digunkan untuk membuat pakaian olahraga, kaos, bahkan jilbab.

Kain rayon spandek

2. Kain Rayon PE (Polyester)

Kain rayon polyester adalah jenis kain yang terbuat dari campuran serat rayon dengan serat polyester. Kombinasi antara kedua bahan tersebut menjadikan kain rayon PE (Polyester) terkesan istimewa.  Apabila semakin banyak serat polyester yang terdapat pada kain maka kualitasnya menjadi semakin rendah dan harganya semakin murah karena berakibat pada kain yang menjadi sedikit kasar, mudah robek dan kurang nyaman.

Kain rayon polyester

3. Kain Rayon Jersey

Kain rayon jersey merupakan kain yang berasal dari campuran antara benang dari serat rayon dan serat jersey.

Kain rayon jersey

Sekian artikel dari laristahijab tentang kain rayon, karakeristik kain rayon dan jenis-jenis kain rayon. Semoga bermanfaat ^_^

Baca juga ; Jenis-Jenis Kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *