Posted on Leave a comment

Kain Jersey dan Jenis Jenisnya

Kain jersey adalah kain yang berasal dari jenis tekstil rajutan, yang terdiri dari serat katun seluruhnya atau sebagian dicampur dengan serat sintesis. Awal mula dari penyebutan nama kain jersey yaitu berasal dari nama Pulau Jersey. Jersey adalah gugusan pulau yang terletak di Kepulauan Channel, yang terletak antara Inggris dan Perancis. Alasan mengapa banyak orang suka memakai kain jersey adalah faktor peregangan. Kain dapat meregang hingga 25 persen dari bentuk semula. Selain itu, kain ini cenderung melekat pada tubuh. Kain ini juga digunakan untuk bahan gaun atau dress yaitu memanfaatkan karakteristik kain yang melekat atau pas di badan. Kain jersey juga tersedia dalam berbagai variasi warna dan pola yang sesuai dengan semua selera. Ketika menjahit kain jersey, sebaiknya kain dicuci terlebih dahulu terutama jika bahan kainnya adalah kapas atau katun. Semua rajutan cenderung menyusut ketika dicuci, dan mencuci terlebih dahulu akan menghilangkan masalah penyusutan.

Baca juga : Jenis-jenis kain.

Kain jersey

Karakteristik Kain Jersey

Karakteristik atau ciri ciri dari bahan kain jersey ini adalah merupakan kain katun sterch, halus, lebih tebal dibandingkan dengan kain spandex, rayon, serta tidak berbulu, memiliki daya serap keringat yang baik, namun daya serapnya masih di bawah kain katun.

Penggunaan Kain Jersey

Penggunaan dari kain jersey ini pada umumnya dipakai untuk memproduksi kaos seperti kaos jersey bola, dan juga untuk selimut muslim dingin. Dengan karakteristiknya yang hangat, fleksibel, elatis dan dapat mencegah panas badan keluar, ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk menggunakannya sebagai lapisan pakaian yang paling dekat di kulit badan kita.

Jenis Jenis Kain Jersey

1. Kain Jersey Hight Twist

Kain jersey hight twist adalah kain jersey yang memiliki campuran bahan polyester di dalamnya dan  merupakan salah satu jenis jersey yang banyak beredar di pasaran karena harganya yang sangat terjangkau dan juga serat rajutan kainnya yang rapi dan memiliki sifat mengkilap. Bahan jersey jenis Hight Twist memiliki varian warna yang banyak, karena terdapat campuran bahan polyester maka sifatnya agak panas. Bahan jersey hight twist memiliki dua macam yaitu yang pertama kain jersey hight twist tenun yang tidak melar, umumnya dipakai untuk membuat baju model blazer, jas dan sejenisnya. Yang ke dua kain jersey hight twist jenis kaos dengan karakteristik melar banyak dimanfaatkan untuk bahan jilbab dan sejenisnya

2. Kain Jersey Spandek

Kain spandex jersey atau Spandex ITY/ATY, sering juga disebut dengan spandek jersey korea. Spandek ITY adalah nama lain dari bahan jersey yang mempunyai kualitas paling tinggi dipasaran. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa sebutan ini adalah sebutan untuk bahan jersey yang asli dari pabrik. Ciri ciri kain jersey spandek diantaranya kainnya yang sangat jatuh, keset dan tidak kasar, serat terlihat sangat halus, tidak mengkilap, adem dan lembut saat disentuh.

3. Kain Jersey Stela

Kain jersey stela kualitasnya berada satu tingkat dibawah kain jersey spandex ITY. Ciri cirri kain jersey stela yaitu keset dengan sedikit licin dibandingkan spandex ITY, jika diamati dari dekat terlihat serat katun seperti pada bahan kaos, adem dipakai.

4. Kain Jersey Serena

Kain  jersey serena mempunyai tekstur yang halus atau lembut serta padat, dengan berat jenis sekitar 0,21 kg/m2. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat seragam olahraga. Kain jersey serena adalah bahan yang mendekati bahan pakaian yang diproduksi oleh brand Adidas dan Nike.

Sekian sedikit ulasan dari laristahijab tentang kain jersey, semoga bermanfaat ^_^.

Baca juga : Jenis-jenis kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *