Posted on 1 Comment

Kain Crepe, Karakteristik dan Jenis Jenisnya

Kain crepe adalah jenis kain bertekstur yang terlihat kasar bahkan baru saat dilihat, berkerut, juga berkeriput, lebih tepatnya bertekstur seperti kulit jeruk. Kata crepe sendiri berasal dari bahasa perancis “crinkle” yang berarti kerut. Kesan kasar yang ditampilkan bahan kain crepe tersebut yaitu diperoleh dari proses tenun kain yang sangat bervariasi.

Baca juga : Jenis jenis kain.

Kain crepe

Karakteristik Kain Crepe

Kain crepe mempunyai sifat yang lentur dengan tekstur yang permukaannya terlihat berpasir atau berkerikil, kasar atau terkesan berkerut. Meski permukaanya terlihat kasar atau berkerut, namun jika dipegang teksturnya akan terasa lembut.

Jenis Jenis Kain Crepe

1. Kain Bubble Crepe

Kain bubble crepe adalah kain crepe dengan tekstur kulit jeruk yang sangat nampak dan jelas. Tekstur jeruknya sangat terasa ketika diraba dan terlihat jelas. Bahan kain bubble crepe ini cukup nyaman dipakai untuk bahan jilbab maupun gamis. Karakteristik dari kain bubble crepe agak melar, ringan dan jatuh.

2. Kain Moss Crepe

Kain moss crepe adalah kain dengan tekstur jeruk seperti butiran pasir yang tersusun, seperti ada pasir yang menempel pada permukan kainnya. Karakteristik pada kain moss crepe cukup tebal, serat pada kainnya rapat dan tidak terlihat menerawang.

3. Kain Arabian Crepe

Kain arabian crepe adalah duplikat dari jenis kain moss crepe dengan grade atau kualitas di atasnya. Kain arabian crepe lebih lembut, lebih dingin, adem, dan lebih tebal dari pada jenis kain moss crepe.

4. Kain Crezia Crepe

Kain crezia crepe adalah kain bertekstur jeruk yang memiliki karakteritik lentur, tekstur kain menyerupai objek wajik. Kain memiliki massa jenis ringan, jatuh dan kain tidak mudah kusut, namun lebih transparan jika dibandingkan dengan kain moss crepe.

5. Kain Diamond Italiano

Kain Diamond Italiano adalah jenis kain crepe yang memiliki sifat ringan, jatuh, cukup melar, karakteristik kain tipis dan menerawang.

6. Kain Diamond Georgette

Kain diamond georgette adalah bahan kain yang hampir mirip dengan kain diamond italiano, perbedaanya tekstur jeruk yang samar-samar namun masih terlihat.

7. Kain Barbie Ceruti Atau Baby Doll

Kain barbie ceruti atau baby doll adalah kain crepe yang paling tipis, paling ringan, paling jatuh dan paling transparan. Karakteristik kain tidak elastis dan sangat menerawang.

Jenis kain crepe

Perawatan Kain Crepe

Yang perlu dilakukan pada perawatan kain crepe adalah saat menyetrika sebaiknya hati-hati, gunakan suhu rendah atau low karena apabila terlalu panas maka kain akan rusak dan bahkan bisa meleleh.

Sekian ulasan singkat tentang kain crepe dari laristahijab, semoga bermanfaat ^_^.

Baca juga : Jenis jenis kain.

1 thought on “Kain Crepe, Karakteristik dan Jenis Jenisnya

  1. Terimakasih info dan artikelnya, sangat bermanfaat sekali. Ditunggu artikel menarik selanjutnya, kunjungi juga website kami https://jasasablonkaosjogja.com/
    sukses selalu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *