Posted on Leave a comment

Jenis Jenis Kain Spandek

Kain spandek atau spandex merupakan  kain yang dibuat dari serat spandek,   yaitu serat elastis (stretch) yang terbuat dari polimer yang mengandung polyurethane (sejenis bahan buatan yang memiliki sifat lentur), serat spandek termasuk bahan sintesis atau buatan. Karena karakter kain elastis maka kain spandek sering juga disebut elastane. Serat spandek memiliki daya tarik kelenturan sekitar 500 % atau jika ditarik bisa mencapai lima kali panjang bahan sebelum ditarik, sehingga serat spandek memiliki karakteristik mirip karet tipis, melekat di tubuh, serta mengkilap, namun lebih kuat dari pada karet. Merk dagang dari kain spandek antara lain Elaspan, Lycra, ESPA, dan Linel. Agar dapat menjadi kain, serat spandek dicampur dengan benang lain seperti rayon, katun, serat polyester, denim, dan lain-lain.

Baca juga : Jenis-jenis kain.

Kain spandek

Kelebihan Kain Spandek

Pakaian dari kain jenis spandek banyak dipakai dalam berbagai jenis pakaian, karena kainnya yang ringan dan tidak membatasi gerakan, misalnya pakaian dansa dan olahraga, pakaian renang, celana pengendara sepeda. Kain spandek juga banyak digunakan untuk pakaian wanita, karena kain spandek elastis, tahan terhadap kerusakan akibat cahaya matahari dan minyak dari kulit.

Jenis-Jenis Kain Spandek

1. Kain Spandek Katun

Kain spandek katun atau cotton spandek merupakan bahan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dan benang katun atau kapas. Kombinasi kedua bahan ini menjadikan pakaian yang dibuat dari bahan katun spandek memiliki sifat yang cenderung lebih elastis, lebih kuat dan tahan lama dibanding kain katun.

Kain spandek katun

2. Kain Spandek Rayon

Kain spandek rayon atau rayon spandek merupakan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dengan benang rayon. Memiliki karakter menyerap keringat dan lebih fleksibel di badan karena cukup mudah melar. Ada juga kain spandek semi rayon yaitu kain spandek dengan campuran serat spandek sedikit lebih banyak sehingga bisa meregang lebih panjang.

Kain spandek rayon

3. Kain Spandek Jersey

Kain spandek jersey merupakan kain yang dibuat dari campuran serat spandek dengan bahan jersey. Perpaduan benang spandek yang memiliki tingkat kelenturan tinggi, serat rayon yang memiliki karakteristik menyerap panas, serta benang dari serat bambu yang ringan, membuat kain spandek rayon jersey sangat cocok untuk dikenakan sebagai bahan pakaian sehari hari.

Kain spandek jersey

4. Kain Spandek Polyester

Kain spandek polyester merupakan kain yang dibuat dari bahan dasar PE (Polyester) yang dipadukan dengan serat spandek. Bentuknya sekilas menyerupai kain kaos atau kain  katun tetapi lebih tipis.

Kain spandek polyester

5. Kain Spandek Denim

Kain spandek denim atau denim spandek merupakan kain yang dibuat dari perpaduan bahan denim dengan serat spandek hingga akhirnya menghasilkan sebuah bahan yang terlihat seperti denim tetapi bersifat elastis. Biasanya kain jenis ini disebut dengan jeans stretch karena mirip kain jeans tapi elastic, kain ini biasanya dipakai untuk celana legging.

Kain spandek denim

Terimakasih sudah mengunjungi laristahijab, semoga bermanfaat ^_^.

Baca juga : Jenis-jenis kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *