Posted on Leave a comment

Jenis-Jenis Kain Sifon

Kain sifon  atau chiffon adalah kain yang dibuat dengan mesin tenun yang menggunakan tehnik tenun balanced plain weave, dengan pola criss cross sehingga kain akan memiliki pola kotak kotak. Tehnik tenun balanced plain weave bisa diartikan struktur benang pembentuk kain memiliki berat dan jumlah yang sama setiap inchinya. Jadi kesimpulannya sifon adalah tehnik pembuatan kain. Untuk benang atau bahan serat yang dipakai bermacam macam misalnya benang katun, benang rayon, dan seterusnya, yang memiliki karakteristik berbeda beda.

Baca juga :  Jenis-jenis kain.

Jenis-Jenis Kain Sifon

1. Kain Sifon Sutera atau Silk Chiffon

Kain sifon sutera atau silk chiffon adalah kain sifon yang berasal dari benang sutera, banyak dipakai untuk gaun pesta, gaun pengantin, gamis, kerudung, maupun scraft. Kain sifon yang berasal dari sutera ini banyak disukai karena memiliki kesan elegant, bahannya ringan, lembut serta berkarakter jatuh sehingga mudah mengikuti gerakan tubuh. Akan tetapi jenis kain ini kadang-kadang mudah sobek sehingga perlu hati-hati saat memakainya, dan karena terbuat dari bahan sutera maka kain sifon yang satu ini lebih mahal dibandingkan jenis difon yang lainnya.

Kain sifon sutera

2. Kain Sifon Katun atau Cotton Chiffon

Kain sifon katun atau yang biasa disebut cotton chiffon terbuat dari bahan benang katun. kain ini banyak digunakan untuk busana muslimah, tetapi karena kain ini menerawang maka perlu ditambahkan furing.

Kain sifon katun

3. Kain Sifon Polyester atau Polyester Chiffon

Kain sifon polyester atau polyester chiffon adalah kain sifon yang berasal dari serat polyester (termasuk serat sintesis). Memiliki karakter yang hampir sama dengan sifon sutera namun lebih kuat sifon polyester, selain itu harganya lebih murah. Kekurangan dari jenis kain jenis ini adalah susah dalam coloring atau pemberian warna sehingga pilihan warna kain sifon polyester tidaklah banyak.

Kain sifon polyester

4. Kain Sifon Nilon atau Nylon Chiffon

Kain sifon nilon atau nylon chiffon, seperti namanya terbuat dari benang nilon, memiliki karakter yang sama dengan sifon polyester hanya berbeda bahan saja, namun dari segi warna lebih banyak.

Kain sifon nilon

5. Kain Sifon Rayon atau Rayon Chiffon

Kain sifon rayon atau rayon chiffon merupakan kain sifon yang berasal dari benang rayon, harganya biasanya dibawah sifon katun, namun diatasnya sifon polyester.

Kain sifon rayon

6. Kain Blend Chiffon

Blend chiffon adalah kain sifon yang berasal dari perpaduan atau campuran dua bahan, yaitu  dari benang sutera dan benang polyester sehingga memiliki karakter mengkilap dan kuat, meskipun tidak se-mengkilap sifon sutera.

Kain blend sifon

Sekian ulasan dari laristahijab tentang kain sifon, semoga bermanfaat ^_^.

Baca juga :  Jenis-jenis kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *