Posted on Leave a comment

Jenis Jenis Kain Katun

Kain katun atau kain kaos merupakan kain yang terbuat dari katun atau cotton dalam bahasa inggris yang artinya kapas. Kali  ini laristahijab akan membagikan tulisan tentang karakteristik kain katun, macam-macam kain katun dan ciri-cirinya.

Baca juga : Jenis-Jenis Kain.

Karakteristik Kain Katun

Kain katun secara umum memiliki tekstur yang halus, lembut serta kuat dan tahan lama. Kelebihan kain katun jika digunakan terasa nyaman di badan, adem atau tidak panas. Karena kain katun terbuat dari serat alami maka kain katun tidak menjadikan kulit kita alergi.

Jenis Kain Katun

1. Kain Katun Biasa

Kain katun biasa mempunyai banyak motif, harga relatif lebih murah, tidak ada ciri khusus seperti kode warna, daya serap keringat di level cukup sampai baik.

Kain katun biasa

2. Kain Katun Bangkok

Kain katun bangkok sesuai dengan namanya yaitu berasal dari Bangkok, Thailand. Memiliki tekstur sedikit kasar, lebih tipis dari katun biasa, mendekati transparan, banyak digunakan untuk membuat kemeja atau jenis blus wanita.

Kain katun bangkok

3. Kain Katun Jepang

Kain katun jepang atau toyobo berasal dari negara jepang, Kain katun yang satu ini sekilas sama seperti kain katun lainnya, terasa dingin di kulit. Di ujung samping bahan terdapat tulisan “Japan Design” dan terdapat kode warna, tekstur kain lebih halus dan lembut, lebih mahal dari katun biasa, sering digunakan untuk blus wanita, pakaian hijab dan jilbab, memiliki daya serap keringat baik dan memiki warna yang kuat.

Kain katun jepang atau toyobo

4. Kain Katun Cina

Kain katun cina ini disebut juga sebagai kain katun Twill, memiliki kualitas hampir sama dengan kain katun jepang, lebih tipis dan warna kurang kuat, sering digunakan untuk membuat sprei namun dengan kain katun twill kualitas rendah. Kain katun twill digunakan untuk bahan denim, yaitu bahan / kain yang sering dipakai untuk membuat celana jeans.

Kain katun cina

5. Kain Katun Paris Motif

Kain katun paris motif ini hampir sama dengan kain katun jepang, ciri-cirinya memiliki kode warna pada kain, daya serap keringat baik, harga relatif lebih mahal, warna dan permukaan kain sama dengan katun jepang, kain katun paris motif lebih tipis daripada kain katun jepang.

Kain katun paris motif

6. Kain Katun Minyak

Pada dasarnya kain katun minyak sama seperti kain katun biasa namun perbedaannya pada sisi permukaannya terkesan berminyak, memiliki kilap lain dengan katun silk, kilap berkurang setelah beberapa kali pencucian.

Kain katun minyak

7. Kain Katun Paris Polos

Kain katun paris polos ini hampir sama dengan katun biasa, sering digunakan untuk blus wanita dan bahan kerudung, namun lebih tipis dari katun biasa, sedangkan harga sama dengan katun biasa, serta tidak memiliki kode warna.

Kain katun paris polos

8. Kain Katun Silk / Katun Sutera

Kain katun sutera bahannya terbuat dari kepompong ulat sutera, sedangkan kain katun silk adalah campuran atau kombinasi kain sutera dengan katun / kapas.. Ciri-ciri kain katun silk sutera yaitu memiliki bahan yang ringan dan tekstur licin khas sutera, nyaman digunakan, meski ringan dan berkilau, katun ini kuat dan tahan lama.

Kain katun silk atau kain katun sutera

Demikin artikel dari  laristahijab tentang jenis-jenis kain katun, bila ada tulisan yang perlu direvisi silahkan menulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Jenis-Jenis Kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *