Posted on Leave a comment

Jenis Jenis Kain Higet dan Karakteristiknya

Kain higet atau hyget adalah sejenis bahan kaos yang berasal dari kombinasi antara polyester dan katun tetapi lebih tipis. Pada umumnya  bahan higet memiliki karakter mengkilat, tidak mudah kusut dan panas (tidak menyerap keringat). Bahan kain higet di Indonesia sering dikonotasikan dengan bahan yang tergolong murah dibandingkan dengan bahan kaos lainnya seperti katun, spandek dan PE (polyester), namun, tidak semua jenis kain higet dikatakan murahan atau terkesan kurang bagus. Ada beberapa jenis bahan hyget yang kualitasnya bagus, nyaman dipakai serta harganya pun lebih mahal dari bahan higet biasa.

Baca juga :  Jenis-jenis kain.

Kain higet super

Karakteristik Kain Higet

Kain higet terbuat dari bahan dasar plastik dan seratnya sangat tipis yang dicampur dengan katun, dikarenakan berbahan dasar plastik, tentu saja tidak menyerap keringat sehingga terasa panas jika dipakai dalam cuaca panas. Berbeda jika dipakai dalam cuaca hujan, mungkin bahan ini bisa menghangatkan tubuh. Tetapi ada sebagian jenis kain higet yang mempunyai karakter adem saat dipakai. Simak tulisan di bawah ini :

Jenis-Jenis Kain Higet

1. Kain Higet Tipis

Kain hyget tipis merupakan bahan kain higet yang paling ekonomis harganya dan memiliki kualitas yang paling bawah, biasanya kain higet satu ini dipakai untuk kaos kampanye politik atau event. Tapi bukan berarti semua kaos yang dibagikan parpol saat kampanye atau kaos event menggunakan higet tipis. Ciri yang paling umum adalah kain ini mirip kain kaos tapi tipis.

2. Kain Higet Biasa

Kain higet biasa hampir menyerupai dengan kain higet tipis, harganya termasuk murah dan kualitasnya juga di deretan angka bawah, biasa dimanfaatkan juga untuk kaos kampanye parpol atau event juga.

3. Kain Higet Super

Kain higet super memiliki tekstur kain yang tebal dan rapi, harganya pun lebih mahal dari jenis kain higet biasa . Akan tetapi dari kualitas, kain higet ini sama seperti kain higet biasa, tidak menyerap keringat dan panas. Bahan ini ada yang dipakai dalam event, kaos bola dan banyak juga digunakan untuk membuat jilbab.

4. Kain Higet Balon

Kain higet balon mempunyai kualitas yang sangat bagus dibandingkan ketiga higet di atas karena lebih lembut seperti sutera dan adem saat dipakai karena menggunakan campuran spandek yang bisa membuat rasa adem. Kain higet balon serupa dengan spandek, bedanya higet balon tidak elastis seperti spandek sutra. Harganya pun lebih mahal dari higet super. Kain higet balon sangat cocok digunakan untuk jilbab.

Kain higet balon

5. Kain Higet Serena

Kain higet serena juga mempunyai kualitas yang lebih baik dan harganyapun lebih mahal. Bahan ini memiliki tekstur yang rapi dan padat. Bersifat lentur, adem dan tebal. Kain higet serena menggunakan campuran nilon sehingga memiliki daya serap keringat yang cukup bagus, sehingga bahan kain higet serena sering digunakan untuk kaos-kaos olahraga seperti jersey bola, futsal, voli, badminton dan sejenisnya.

Kain hyget serena

Cara Merawat Pakaian Berbahan Higet

Secara umum, busana, jilbab atau kaos yang  berbahan dasar higet memang tidak akan bertahan lama dikarenakan bahan dasarnya dari plastik yang tipis, untuk itu agar lebih awet anda bisa mencucinya dengan detergent secukupnya, tanpa perlu direndam. Sementara untuk pengeringannya, cukup diangin-anginkan saja di dalam rumah, tidak perlu dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Sekian dullu ya ulasan kali ini tentang kain hyget / higet dari laristahijab, semoga bermanfaat.

Baca juga :  Jenis-jenis kain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *